Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Gangguan Facebook dan WA Ulah Siapa? - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang perubahan WhatsApp. Kementerian Komunikasi dan Informatika (K...

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno berita hari ini dimulai dari topik tentang perubahan WhatsApp. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan, server gangguan menyebabkan aplikasi pesan instan Facebook, WhatsApp dan Instagram tidak dapat diakses pada Minggu petang, 14 April 2019.

Baca: Top 3 Tekno Berita Hari Ini: WhatsApp, Facebook, Instagram Down

Selain itu, Kominfo menemukan tujuh konten di medsos yang ditolak aturan masa lalu yang bebas dari kampanye pemilu pada 14 April hingga 16 April 2019. Juga, Twitter mencatat lebih dari sejuta cuitan platform yang digunakan untuk Debat Capres terakhir yang terbit Sabtu malam, 13 April 2019 .

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno:

1. Gangguan pada Facebook dan WA Ulah Pemerintah? Ini Kata Kominfo

Ilustrasi logo Instagram, Facebook, Whatsapp
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan, server gangguan menyebabkan aplikasi layanan pesan instan Facebook, WhatsApp dan Instagram, tidak dapat diakses pada Minggu petang, 14 April 2019.

"Jadi benar-benar kemarin WhatsApp, Facebook, dan Instagram di beberapa wilayah di dunia, termasuk Indonesia," ujar Kepala Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, di Jakarta, Senin.

Pernyataan yang dikeluarkan Ferdinandus karena telah muncul tudingan yang dimaksud pada medsos itu adalah ulah pemerintah.

2. Kominfo Mencabut 7 Konten di Medsos, Langgar Aturan Masa Tenang

2019 seusai rapat kerja nasional atau rakornas Asosiasi Media Siber Indonesia (ASMI) di Auditorium Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Maret 2019. TEMPO / Francisca Christy Rosana

Kementerian Komunikasi dan Infromatika (Kominfo) menemukan tujuh konten di medsos yang membahas aturan masa lalu yang bebas dari kampanye pemilu pada 14 April hingga 16 April 2019.

"Sejak Minggu pukul 00.00 WIB sampai dengan tadi (Senin siang, 15 April 2019), konten yang dianggap menentang undang-undang pemilu, terduga pelanggar sudah ada tujuh," ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. di Jakarta, Senin.

Tujuh konten itu, menurut Rudiantara, sebagian besar muncul di Instagram dan ditolak Undang-Undang Komisi Pemilihan Umum No.7 Tahun 2017 tentang masa tenang.

3. 1,3 Juta Cuitan di Debat Terakhir, Twitter: E-Sport Jadi Sorotan

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (kedua kiri) dan Ma'ruf Amin (kiri) serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto (kedua kanan) dan Sandiaga Uno (kanan) menerima debat khusus Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu, 13 April 2019. Debatkan itu mengangkat tema Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. ANTARA

Twitter mengambil lebih dari sejuta cuitan menggambarkan platform mereka selama Debat Capres terakhir yang berlangsung Sabtu malam, 13 April 2019. Masalah e-sport menjadi salah satu topik yang jadi sorotan.

Twitter Indonesia dalam keterangan resmi, Senin, mengumumkan lebih dari 1,3 juta cuitan tentang debat terakhir. Puncak pembicaraan terjadi pada pukul 22.00 dengan jumlah cuitan hampir 181.000 per menit.

Isu ekonomi, sosial, keuangan dan industri dalam debat terakhir sebelum hari H Pemilu ini dipenuhi oleh berbagai tanda pagar, cuitan serius hingga cuitan ringan atau populer disebut "receh" di dunia maya.

Selain tiga berita terpopuler di atas, Anda dapat membaca berita hari ini seputar sains dan teknologi hanya di kanal Tekno Tempo.co.


Read More

Tidak ada komentar