Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Rusia Tawarkan Prancis Bantuan Bangun Ulang Notre Dame - SINDOnews

loading... MOSKOW - Rusia dilaporkan telah menawarkan bantuan kepada Prancis untuk membangun ulang Katedral Notre Dame, yang mengalami keb...

loading...

MOSKOW

- Rusia dilaporkan telah menawarkan bantuan kepada Prancis untuk membangun ulang Katedral Notre Dame, yang mengalami kebakaran hebat, semalam. Tawaran itu disampaikan oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin dalam pesan telegram kepada Presiden Prancis, Emanuel Macron.

"Putin telah menyatakan harapan bahwa akan mungkin untuk membangun kembali katedral dan menawarkan untuk mengirim spesialis Rusia terbaik dengan pengalaman luas memulihkan monumen warisan budaya dunia, termasuk karya arsitektur abad pertengahan, ke Prancis," kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

Kremlin menuturkan, dalam pesan telegramnya kepada Macron, Putin mengatakan bahwa Notre Dame adalah simbol sejarah Prancis, harta yang tak ternilai dari budaya Eropa dan dunia, salah satu tempat pemujaan Kristen yang paling penting.

"Bencana yang terjadi di Paris pada malam hari menyebabkan rasa sakit di hati orang Rusia," ucap Kremlin, mengutip telegram Putin kepada Macron, seperti dilansir Tass pada Selasa (16/4).

Sebelumnya diwartakan, Macron berjanji untuk membangun kembali Katedral Notre Dame yang bersejarah, setelah landmark Paris itu musnah dilahap api dalam sebuah kebakaran dahsyat.

Menggambarkan Notre Dame sebagai pusat kehidupan, Macron mengumumkan kampanye penggalangan dana akan dimulai hari ini dan menyerukan mereka yang mempunyai "kemampuan terbesar" dunia untuk membantu membangun kembali katedral.

Macron mengatakan, bahwa hal terburuk berhasil dihindari setelah petugas pemadam kebakaran berhasil menahan kobaran api setelah runtuhnya puncak menara dan struktur atap kayu terbakar. Ajaibnya, hanya sebagian kecil dari menara besi yang tampaknya runtuh ke bagian dalam dan petugas pemadam kebakaran dapat menyelamatkan relik berharga dan karya seni.

(esn)


Read More

Tidak ada komentar