Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Intip Toyota Innova Terkencang di Indonesia - Detikcom

Jakarta - Mobil Innova yang satu ini disebut-sebut sebagai Innova terkencang di Indonesia. Hal ini diketahui setelah tim In...




Jakarta

- Mobil Innova yang satu ini disebut-sebut sebagai Innova terkencang di Indonesia. Hal ini diketahui setelah tim

Innova

Community Racing Team (ICRT) beraksi di Sirkuit International Gelora Bung Tomo dalam ajang Drag Series di Surabaya, pada 5-7 April 2019.

Di kompetisi ini tim ICRT menurunkan 3 pembalap, yakni Chiang, Hendra Wijaya dan H. George. ICRT berhasil meraih gelar juara 5 di bracket waktu 10 detik dengan waktu 10,337 detik atas nama H. George.

Sedangkan untuk pembalap lain, Hendra wijaya, tidak juara karena break out, tapi menariknya, ia berhasil memecahkan rekor All New Innova tercepat di lintasan 201m dalam ajang tersebut, dengan catatan waktu 9,923 detik.






Lantas apa saja detail modifikasi teknis pada Innova tersebut sehingga berhasil mencatat waktu yang kencang? Seperti penjelasan Innova Community melalui keterangan resmi kepada detikcom, Innova ini sudah mendapat ubahan di mesinnya.

"Karena Innova ini termasuk masih baru, jadi sulit untuk mendapatkan performance part-nya, dan masih harus trial and error part mana saja yang cocok," ujar tuner ICRT dari Garage Autowerk - Bandung, Chiang.

Dan nggak hanya part racing-nya yang langka, komponennya juga cukup mahal. Contoh, untuk membangun 1 unit ANKI (All New Kijang Innova) seperti milik tim ICRT membutuhkan sekitar Rp 60-75 juta dan menghabiskan waktu 6 bulan.

Detail ubahannya, di sektor mesin, turbo VNT standar diganti dengan turbo RHF4 untuk menghasilkan boost lebih besar sekitar 2.2 bar dari sebelumnya 1.2 bar.

Lanjut, header custom equal length buatan bengkel Garage Autowerks dipasang untuk mengakomodasi turbo yang sudah diganti. Tidak ketinggalan air filter diganti dengan aftermarket berbahan cotton dan box filter diganti dengan box custom berbahan aluminium.

Ubahan selanjutnya dengan penambahan intercooler dengan custom piping untuk mendinginkan udara bertekanan tinggi yang dihasilkan turbo. Terakhir di sektor mesin, pemasangan custom fuel system dari Garage Autowerks.

Setelah sektor mekanikal sudah selesai, tidak lupa fine tune di bagian eletronikal atau ECU dengan cara remapping dan pemasangan piggyback monstermax, sehingga mesin bisa bekerja lebih baik menyesuaikan dengan modifikasi yang telah di lakukan.

Untuk mengimbangi modifikasi di sektor mesin. Supaya mobil lebih mudah dikontrol dan dikendarai, per standar diganti merek Eibach, shock IMB 2 way adjuster, pelek Rota grip ukuran 8.5 - 9.5 dengan ban bagian depan 235/50/18 dan bagian belakang 275/40/18 Toyo T1s.

Tips dari ICRT, kalau sudah modifikasi yang menaikkan tenaga kendaraan cukup banyak, jangan lupa pasang beberapa info meter untuk mengetahui kondisi mesin, agar tetap terjaga dan bisa antisipasi kemungkinan mesin jebol.

"Seperti yang dilakukan Garage Autowerks di Innova ICRT, dengan memasang Bost meter, EGT meter, Oil Pressure meter dan Oil temperature meter, semua keluaran autometer. Tidak ketinggalan pemasangan turbo timer dari portman," lanjutnya.

Di sisi eksterior, agar penampilan mendukung performa mesin yang sudah meningkat, kap mesin diganti dengan carbon hood custombuatanGarageAutowerks. Selain tampilan terlihat lebih racing look, bobot mobil juga berkurang karena penggunaan kap mesin berbahan serat karbon.

Tonton juga video Review Toyota All New Camry: Revolusi Kemewahan Raja Sedan:

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)













Read More

Tidak ada komentar