Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Tol Beroperasi, Dari Surabaya ke Malang Kurang Dari 1 Jam News - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Jasa Marga (Persero) Tbk ., melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), m...



Jakarta, CNBC Indonesia

-

PT Jasa Marga (Persero) Tbk

., melalui kelompok usahanya PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM), menggelar Festival Jalan Tol Jasa Marga Ruas Pandaan-Malang, Sabtu (23/3/2019). Kegiatan ini digelar untuk memperkenalkan

Jalan Tol Pandaan-Malang

sebelum nanti resmi beroperasi.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Anita Firmanti Eko Susetyowati, menjelaskan, Jalan Tol Pandaan-Malang sendiri memiliki total panjang 38,488 Km. Jalan tol ini terdiri dari lima seksi.

Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,475 km. Lalu, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km; Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

"Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional [PSN]. Jalan tol ini melintasi Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kota Malang," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Sabtu (23/3/2019).




Persiapan Operasi, Jasa Marga Perkenalkan Tol Pandaan-Malang

Foto: Doc. Jasa Marga



Saat ini, pengerjaan konstruksi Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1-3 telah mencapai 99,17%. Secara keseluruhan, Jalan Tol Pandaan-Malang ditargetkan akan beroperasi tidak lama lagi.

"Paling lambat awal Mei dari Seksi 1-3, sepanjang 30-an Km. Seksi 4 pekerjaan konstruksi masih berjalan. Kalau bisa sekalian, lebih baik," tandasnya.

Adapun Seksi 5 masih terdapat situs di 3 Km terakhir, yang perlu dievakuasi terlebih dahulu. Pekan depan, lanjutnya, akan difinalkan di BPJT, Kementerian PUPR, langkah yang harus diambil.

"Apa yang perlu kami lakukan. Situs tersebut kami harapkan ya dilestarikan saja sehingga Seksi 5 bisa menjadi destinasi (wisata)," katanya.

Setelah beroperasi nanti, Jalan Tol Pandaan-Malang diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang.




Persiapan Operasi, Jasa Marga Perkenalkan Tol Pandaan-Malang

Foto: Doc. Jasa Marga



Sementara itu, Direktur Utama PT JPM Agus Purnomo mengungkapkan, jalan tol ini nantinya diharapkan dapat membawa dampak dan bermanfaat langsung kepada masyarakat luas, tidak hanya pengguna tol.

"Ruas Tol Pandaan-Malang ini nantinya akan bermanfaat juga bagi masyarakat di sekitar jalan tol. Nantinya, setelah dioperasikan Jalan Tol Pandaan-Malang ini bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya," urainya.

"Selama ini, perjalanan dari Surabaya ke Malang di masa libur bisa mencapai empat hingga enam jam. Dengan melalui jalan tol ini, waktu tempuhnya bisa kurang dari satu jam," pungkasnya.

(roy/roy)







Read More

Tidak ada komentar