Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Sebelum Ada Bank Terapung, Warga Simpan Uang di Dalam Tanah - detikFinance

Halmahera Selatan - Teras BRI Kapal Bahtera Seva III membawa banyak perubahan ekonomi serta kemajuan perbankan bagi masyara...




Halmahera Selatan

- Teras BRI Kapal Bahtera Seva III membawa banyak perubahan ekonomi serta kemajuan perbankan bagi masyarakat kepulauan Halmahera Selatan. Banyak cerita lucu sebelum para warga mengetahui mengenai layanan perbankan.

Rusdi Wambes (29) yang sudah bekerja di Teras BRI Kapal Bahtera Seva III sebagai mantri sejak kapal ini berlayar pada 2016 telah menjadi saksi betapa perubahan itu nyata.

"Pernah kejadian disimpan di galon. Ceritanya dia buat celengan lalu disimpan di dalam tanah kalau dapat penghasilan dia isi galonnya. Setelah tahu bisa taruh uang di rekening, dia bilang ini lebih aman hanya pegang buku sudah bisa dapat uang. Makanya ini pentingnya kita petugas bank komunikasi," kata Rusdi sambil tertawa kepada detikfinance, di Batang Lomang, Selasa (5/3/2019).

Lainnya, Rusdi bahkan pernah menerima sebundel duit yang tidak laku dan lusuh untuk ditabung dari para petani cengkih.

"Ada juga dari pecahan yang sudah ga berlaku satu bundel isinya Rp 2 juta hasil jual beli cengkih sudah lama dia tabung. Dia punya itu satu bulan satu bundel jadi Rp 10 juta. Makanya dengan adanya kapal ini kami edukasi," tambah pria yang disapa Udi ini.

Tak kalah lucu, kesaksian juga datang dari mantri lainnya, Abdurrahman. Dia mengatakan menemui juga seorang nasabah yang sebelum ada bank terapung ini memilih menabung di bawa kasur dengan total uang yang sangat besar.

"Nasabah di Pasipalele taruh uang di bawah kasur. Selama kapal Seva belum ke sana dia simpan kasur itu Rp 10 juta. Uangnya disusun di atas kasus makanya dia gak bisa ninggalin rumahnya," terang Abdurrahman.

Pengalaman pertama kenal ATM dan Mesin EDCKejadian lucu juga ada saat masyarakat mulai mengenal mesin ATM dan mesin EDC. Hal itu terjadi karena selama ini mereka tidak pernah mengenal bank sebelumnya, terlebih untuk kalangan orang tua.

"Mereka heran apa dari mesin ini apa ada manusia yang bisa keluarkan uang," ucap Rusdi sambil tertawa.

Begitupun soal mesin EDC yang membuat bingung masyarakat. "Mesin EDC itu ada yang disuruh tekan malahan mereka diam karena nggak tahu musti apa yang dilakuin, ada juga yang asal tekan sampai lebih. Tapi perlahan ke sini sudah makin tahu," kata Abdurrahman.

Oleh karena itu, bersama staf BRI lainnya tak lelah memberikan edukasi kepada masyarakat, utamanya para orang tua yang baru pertama kali memanfaatkan fasilitas bank.

"Mereka itu harus berulang kali diajari. Kalau kayak gitu kita tetap pandu biasanya yang kayak gitu nasabah yang sudah lanjut usia," tutup Abdurrahman.

Sebagai informasi, Teras BRI Kapal Bahtera Seva III atau sering disebut Bahtera Seva yang melayani perbankan di sekitar Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Bank terapung ini beroperasi selama 4 hari setiap minggu yang mempunyai rute Pulau Bacan (homeport), Pulau Batang Lomang, Mandioli, Madapolo, Pasipalele, Saketa, Kayoa, lalu kembali lagi ke homeport. Adapun jadwal pelayarannya dari Selasa hingga Jumat.

Baca berita lainnya mengenai Teras BRI Kapal Bahtera Seva di Ekspedisi Bahtera Seva. (https://www.detik.com/bahteraseva). (ega/zlf)












Read More

Tidak ada komentar