Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Cara Mengirim "E-mail Rahasia" dengan Gmail - KOMPAS.com

KOMPAS.com - Gmail merupakan layanan surat elektronik dari Google yang memiliki pengguna aktif,, sebanyak 1,5 miliar. Di dalam Gmail, ...

KOMPAS.com - Gmail merupakan layanan surat elektronik dari Google yang memiliki pengguna aktif,, sebanyak 1,5 miliar. Di dalam Gmail, pengguna dapat menemukan fitur "Mode Rahasia", yaitu mode pengiriman email secara "rahasia".

"Mode Rahasia" sendiri adalah fitur baru Gmail yang telah diluncurkan sejak bulan Agustus 2018. Fitur ini berfungsi untuk menyediakan sistem keamanan tambahan untuk pengguna untuk mengontrol konten email yang dikirim.

Email yang dikirim melalui mode ini juga disimpan di server Google terlebih dahulu, jadi sejatinya memang lebih aman.

Biasanya, e-mail yang dikirim tanpa menggunakan mode "rahasia" ini akan langsung tertuju ke kotak masuk ( inbox ) masing-masing target pengiriman, tanpa harus dikeluarkan di server Google.

Baca juga: Pengguna Aktif Gmail Tembus 1,5 Miliar

Selain itu, konten email yang dikirim melalui mode ini juga dijamin keamanannya karena dapat dilindungi kode sandi, tidak dapat disalin, ditempel, diteruskan, dan dibeli.

Lalu, bagaimana cara menggunakan "Mode Rahasia" di aplikasi Gmail? Berikut KompasTekno beberkan langkah-langkahnya, diajukan dirangkum dari TechAdvisor , Sabtu (23/3/2019).

1. Buka aplikasi Gmail (unduh terlebih dahulu di Play Store / App Store jika tidak punya) lalu pilih ikon "+" yang terletak di ujung kanan bawah aplikasi untuk membuat e-mail baru.

Ilustrasi langkah menulis e-mail baru di Gmail. Langkah pertama untuk mengaktifkan mode RahasiaKOMPAS.com/Bill Clinten

Ilustrasi langkah menulis e-mail baru di Gmail. Langkah pertama untuk mengaktifkan mode Rahasia

2. Setelah itu, pilih menu "tiga titik" yang ada di kanan atas tampilan "Tulis" Gmail. Kemudian, pilih "Mode Rahasia".

3. Beberapa saat setelah dipilih, pengguna akan disodori tampilan pengaturan "Mode Rahasia". Di sini, pengguna dapat "mengatur" e-mail yang akan dikirim dengan masa berlakunya dan meminta e-mail dengan kode sandi .

Untuk mengatur waktu mulai dari 1 hari hingga 5 tahun, sementara untuk kode sandi dibekali dengan opsi "Standar" dan "Kode sandi SMS".

Jika pengguna memilih opsi "Standar", email akan diproteksi dengan sistem keamanan Gmail diizinkan otomatis dan tanpa kode sandi .

Lalu, jika pengguna memilih kode sandi SMS , pengguna diwajibkan untuk menambahkan nomor telepon agar Google dapat mengirimkan kode sandi melalui SMS ke ponsel pengguna.

Opsi ini akan melindungi akses e-mail dengan kode verifikasi lewat SMS, mirip dengan fitur otentikasi dua faktor untuk login identitas akun di beberapa layanan online .

Ilustrasi menambahkan kata sandi verifikasi SMSKOMPAS.com/Bill Clinten

Ilustrasi menambahkan kata sandi verifikasi SMS

Nantinya, kode ini akan dikirim ke nomor ponsel pengguna yang telah ditambahkan tadi dan akan dipicu oleh penerima yang menerima email yang dikirim melalui mode ini.

Setelah itu, penerima email dapat memasukkan kode tersebut untuk mengakses isi email yang dikirim dengan "mode rahasia".

Sayangnya, fitur "passcode SMS" ini belum mendukung nomor ponsel asal Indonesia. Untuk saat ini, kode sandi dari SMS hanya berlaku di beberapa kawasan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, Australia, dan beberapa negara di Asia (India, Korea, dan Jepang).

Menu ilustrasi Mode rahasia di GmailKOMPAS.com/Bill Clinten

Menu ilustrasi Mode rahasia di Gmail

4. Jika sudah disetujui, klik tombol "Simpan". Nantinya, di bawah body email, akan terlampir informasi yang berbunyi "Konten kedaluwarsa ..." yang menandakan bahwa email tersebut tidak akan dapat dilihat setelah tenggat waktu yang telah disetujui pengguna.

5. Setelah menyimpan pengaturan "Mode Rahasia" dan mengisi email tubuh , pengguna dapat mengirim surel tersebut ke alamat email tujuan yang diminta Biasanya.

6. Jika pengguna ingin mengakses akses atau mengubah e-mail yang dikirim dari "Mode Rahasia" menjadi e-mail reguler, pengguna cukup pergi ke daftar e-mail menerima di menu "Terkirim". Di situ, pilih email yang telah dikirim sebelumnya dan klik tombol "Hapus akses".

Ilustrasi Penyimpanan Akses Mode Rahasia GmailKOMPAS.com/Bill Clinten

Ilustrasi Penyimpanan Akses Mode Rahasia Gmail

7. Untuk Gmail versi web, pengguna dapat membuat email dengan memilih menu "Compose". Setelah itu, pilih ikon "tiga titik" pada bagian bawah kanan tampilan jendela e-mail baru. Kemudian, pilih "Nyalakan / matikan mode rahasia".

Setelah itu, pengguna dapat melanjutkan langkah nomor 3 pada artikel ini untuk menyetujui durasi yang diperlukan e-mail dan membekali e-mail dengan kode sandi .

Ilustrasi Confidential Mode di Gmail versi webKOMPAS.com/Bill Clinten

Ilustrasi Confidential Mode di Gmail versi web

  Dari sisi penerima, e-mail yang dikirim menggunakan mode "rahasia" ini akan menampilkan gambar seperti ilustrasi di bawah. Isi e-mail ini tidak dapat dilihat pratinjau dan akan berbunyi " Pesan ini dikirim dalam mode rahasia. Buka untuk melihat isinya ".

Baca juga: Resmi Dirombak, Gmail di Android Jadi Serba Putih

Dengan kata lain, sang penerima harus membuka email-nya terlebih dahulu untuk melihat isinya. PENERIMA also TIDAK can menyalin, menempel, melakukan maju, Dan Mencetak tersebut e-mail isi.

Jika ada konten gambar, penerima juga tidak bisa mengunduh gambar yang terlampir di email.

Ilustrasi hasil e-mail yang dipindahkan menggunakan mode Gmail RahasiaKOMPAS.com/Bill Clinten

Ilustrasi hasil e-mail yang dipindahkan menggunakan mode Gmail Rahasia



Read More

Tidak ada komentar